SUMBER MATA AIR SURODILOGO

Sumber Mata Air Surodilogo adalah obyek wisata alam yang berupa sumber mata air yang keluar dari celah celah bebatuan sungai yang mengalir dari pipa air yang keluar , Surodiogo berada di tengah tengah pegunungan antara Desa Pagerejo dan desa tlogomulyo Kecamatan Kertek, Wonosobo. sumber mata air surodilogo menjadi objek wisata alam yang mempunyai mitos dan kepercayaan untuk setiap pariwisata yang berkunjung kesini.

Sejarah 

sumber Mata air Surodilogo yang menurut cerita keberadaan sendang ini, bermula dari tongkat Ki Joko Suro, prajurit Pangeran Diponegoro yang sedang bersembunyi dari serangan Belanda. Karena kesulitan mencari air, Ki Joko Suro menancapkan tongkat ke tanah lalu tersemburlah air yang datang untuk mandi pada setiap malam 1 suro. Karena diyakini dapat membuat seseorang merasa muda kembali. Lokasi sendang ini terletak didesa Pagerejo berdekatan dengan Agro Wisata kebun tea Bedakah.

Daya Tarik Wisata

Sebelum acara mandi sendang Surodilogo terlebih dahulu diadakan bersih makam Pangeran Puger di makam sikramat, dilanjutkan kirab seni budaya dan obor untuk mengantar kambing hitam kendit dan ayam jantan putih yang kakinya ditanam di empat sudut Desa Pagerejo, agar masyarakat terlindung dari marabahaya sedangkan dagingnya untuk selamatan di malam hari.

Setiap malam tanggal 1 Suro, sendang ini tidak pernah sepi dari pengunjung, dalam dan luar Kabupaten Wonosobo, terutama kaum muda yang ingin mandi di sendang tersebut. Konon, bagi yang percaya terhadap tuah air Sendang Surodilogo  akan dapat membuat awet muda bagi yang mandi.

Pengumuman

Pengumuman

NO    NO AKTA                   

Pengumuman E-KTP

Pengumuman E-KTP

Masyarakat yang berusia 23 tahun keatas atau non pemilih pemula  :1). Apabila sampai dengan tan

JAM PELAYANAN

Jam PelayananSenin-Kamis : 08.00-16.00 WIBJumat : 08.00-11.00 WIB

PENGUMUMAN AJA

PENGUMUMAN AJA

Statistik Pengunjung

KECAMATAN KERTEK:

  • NO KORUPSI

  • NO PUNGLI

  • NO GRATIFIKASI

Kontak Kami

- Jalan Sindoro Sumbing KM 1, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56371
Phone: - (0286) 329285
Email: kecamatankertekwsb@gmail.com
Website: https://kecamatankertek.wonosobokab.go.id